Friday 21 November 2014

Intel Knight procesor 14nm 7 miliar transitor

Dalam pertemuan grup data center, Intel mengumumkan procesor baru Knight Landing. Procesor Knight Landing dijadwalkan keluar tahun depan. Informasi yang diberikan, procesor Knight Landing memiliki 7,2 miliar transitor.

Intel akan mengeluarkan Knight Landing di pertengahan tahun 2015 dan mengunakan teknologi 14nm. Procesor tersebut menjadi procesor kedua dari seri Knight. Setelah procesor Knight Landing, akan tampil seri baru Knight Hill sebagai procesor generasi ketiga dengan teknologi 10nm. Untuk Knight Hill baru dijadwalkan keluar tahun 2018. Knight Landing menjadi kunci sukses setelah Knight Corner atau Xeon Phi yang diperkenalkan 2012 masih mengunakan teknologi 22nm.

Intel Knight Landing mengunakan 6 channel DDR4 sampai 384GB. Di dalamnya terdapat MCDRAM dengan opsi 8GB  atau 16GB sebagai cache. Procesor Knigh Landing memiliki 72 core x86 berbasis Intel Atom Procesor / Silvermont. Procesor generasi sebelumnya Knight Corner memiliki 50 core 22nm. Procesor Knight Landing dan Knight Corner diperuntukan bagi server computer.

Arsitek core Intel Knight Landing

Perbedaan procesor Intel Xeon vs MIC (seri Knight Corner)
Intel Xeon mengunakan beberapa procesor dengan kekuatan besar. Intel MIC memiliki banyak core dalam satu procesor dengan kekuatan kecil.



Gambar atas adalah perbandingan teknologi server computer 15 tahun lalu dengan tahun 2014 saat ini.
  • Tahun 1997 untuk mencapai kalkulasi 1Tflops diperlukan 9298 Pentium Xeon berbasis OS Cougar dan dirangkai dengan 72 kabinet.
  • Sekarang dengan satu procesor Knight Corner sudah mencapai 1Tflop dengan 1 CPU, mengunakan OS Linux dan tranfer data hanya memerlukan 1 slot PCIe. Procesor langsung di tancapkan ke slot motherboard, bahkan beberapa model tidak memerlukan pendingin aktif. Xeon Phi saat ini memiliki memory internal sampai 8GB dengan jumlah 61 core yang bekerja 1.1Ghz.
  • Tahun depan bentuk procesor Knight Landung akan dibuat dalam bentuk single CPU dan PCIe card.
Urutan generasi Intel Knight
  • Larrabee (Larrabee of 1st generation)
  • Knights Ferry (Larrabee 2nd generation)
  • Knights corner (Larrabee 3rd generation)
  • Knights Landing (Larrabee 4th generation)
  • Knights Hill (Larrabee 5th generation)

No comments:

Post a Comment