Friday 7 November 2014

Tips sehat menggunakan laptop

8 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer
  • Sebisa mungkin pilih layar yang lebar, supaya mata lebih rileks ketika membaca tulisan di layar dan memudahkan untuk mengatur posisi tubuh yang ideal. Selain itu laptop dengan dimensi besar pasti ukuran keyboardnya juga lebih besar, yang akan lebih nyaman untuk tangan.
  • Pasang pelindung screen. Sering-seringlah berkedip untuk menjaga agar mata tidak kering dan istirahatkan mata selama 1-2 menit setiap setengah jam sekali dengan melayangkan pandangan ke arah tumbuhan hijau atau ke arah yang jauh.
  • Pada pemakaian di malam hari aturlah kontras layar sesuai kemampuan mata sehingga bisa mengurangi mata minus.
  • Lebih baik gunakan keyboard tambahan dan mouse dibanding touchpad, karena jarak kita akan menjadi lebih jauh dari layar laptop. Mouse yang dipakai di sisi laptop juga lebih baik bagi pergelangan tangan ketimbang memakai touchpad.
  • Saat menggunakan keyboard, pastikan anda tidak menekuk pergelangan tangan, baik itu ke samping maupun ke atas-bawah (lihat gambar di bawah). Posisikan siku anda membentuk sudut 90ยบ dari keyboard. Posisi keyboard sering membuat tangan dan jari-jari kurang nyaman saat mengetik yang mana ketidaknyamanan itu lama-kelamaan ternyata dapat membuat kita terancam repetitive strain injury (RSI). Hal ini dapat dicegah dengan mempertemukan kedua telapak tangan di depan dada, tekuk siku. Tekan dan saling dorong bantalan telapak tangan, hingga lengan bawah sebelah dalam terasa meregang. Lalu pertemukan kedua punggung tangan, dorong hingga bagian belakang pergelangan tangan terasa meregang. Terakhir, julurkan satu tangan ke depan dan tarik jari-jarinya dengan tangan yang lain. Regangkan jari-jari perlahan.

No comments:

Post a Comment