Tuesday 4 November 2014

Membuat Slide Presentasi Powerpoint

Tips Membuat Slide Presentasi Powerpoint Sederhana tapi Menarik
Anda pasti sangat mengenal mengenal slide presentasi powerpoint dan pasti sudah tidak asing didengar oleh telinga kita karena sering kita jumpai dalam lingkungan kerja maupun sekolah. Dalam lingkungan sekolah sering kita jumpai slide presentasi dari powerpoint yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar di dalam kelas. Sedangkan di kantor digunakan dalam urusan pekerjaan. Yang akan saya bahas kali ini bukan mengenai bagaimana cara membuat presentasi dari powerpoint melainkan Tips Membuat Slide Presentasi Powerpoint Sederhana tapi Menarik menarik menggunakan prinsip “SIM” (Sederhana, Interaktif dan Menarik).
  1. Sederhana
    Dalam membuat presentasi menggunakan powerpoint anda lebih baik yang sederhana dan sebaiknya tidak menggunakan banyak gambar di dalamnya meskipun anda ingin membuat presentasi kelihatan lebih ’wah’ itu belum cukup untuk membuat presentasi lebih enak dipandang karena terkadang beberapa orang memandang dengan banyaknya gambar hanya akan membuat presentasi yang disampaikan tidak nyaman dilihat dan malah membuat jenuh. Jadi jika ingin memasukkan gambar pada slide presentasi powerpoint sebaiknya gunakanlah gambar seperlunya yang sesuai dengan topik atau tema yang akan dibahas. Terkadang yang sederhana itulah yang membuat lebih nyaman untuk dibaca.



2. Interaktif
       Setelah anda membuat slide presentasi anda dengan sederhana, ada hal yang juga perlu         diperhatikan dalam membuat powerpoint terasa lebih hidup yaitu dengan menambahkan efek-efek pada tulisan, gambar dan transisi setiap pada tiap slidenya sehingga presentasi anda lebih terlihat interaktif. Dan ada hal yeng perlu anda perhatikan lagi dalam membuat presentasi yang menarik yaitu, anda lebih baik tidak memasukkan banyak teks pada presentasi anda cukup poin-poinnya saja pada tiap slide.
3. Menarik

Yang terakhir yaitu buatlah presentasi anda menjadi menarik dengan menggunakan desain tema yang sesuai dan nyaman untuk dilihat. Sebenarnya desain tema pada powerpoint bisa menjadi lebih menarik jika di sesuaikan dengan topik yang kita bahas yang dipadukan dengan beberapa shape (bentuk geometris atau semacamnya) yang telah tersedia di powerpoint. Ada hal penting lagi yang perlu diperhatikan agar powerpoint itu nyaman dan menarik untuk dilihat yaitu dengan memperhatikan penggunaan warna yang tepat, penggunaan warna teks, shape, desain tema dan background tidak saling berbenturan, gunakan warna yang tidak mematikan warna satu dengan warna lainnya. Misalnya tidak menggunakan warna teks hijau muda di background yang berwarna hijau tua karena tulisan akan menjadi tidak nyaman dan tidak menarik untuk dilihat.


No comments:

Post a Comment